SILABUS FILSAFAT ILMU
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
Kode Mata Kuliah
|
:
|
9003
|
Mata Kuliah
|
:
|
Filsafat Ilmu
|
Bobot SKS
|
:
|
2 SKS
|
Jurusan/Prodi
|
:
|
|
Semester
|
:
|
|
Dosen
|
:
|
Ahmad Syaeful R., M.Pd.
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
-
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengetahui Kontrak
Perkuliahan, memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan masalah-masalah
tentang Pengantar Filsafat Ilmu, Dasar-Dasar Pengetahuan, Ontologi,
Epistimologi, Aksiologi, Logika ilmu dan berpikir ilmiah, Pengetahuan Sain, Ilmu dan
Kebudayaan,
Teori kebenaran Ilmiah, Etika Ilmu, Tanggung jawab moral keilmuan, Pengetahuan Mistis, Penelitian dan
Penulisan Ilmiah.
|
Kompetensi Dasar /
Kompetensi Inti
|
:
|
Mengetahui Kontrak
Perkuliahan, memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan masalah-masalah
tentang Pengantar Filsafat Ilmu, Dasar-Dasar Pengetahuan, Ontologi,
Epistimologi, Aksiologi, Logika ilmu dan berpikir ilmiah, Pengetahuan Sain, Ilmu dan
Kebudayaan,
Teori kebenaran Ilmiah, Etika Ilmu, Tanggung jawab moral keilmuan, Pengetahuan Mistis, Penelitian dan
Penulisan Ilmiah.
|
Indikator
|
:
|
1.
Memiliki kemampuan memahami tentang konsep dasar dan
masalah-masalah tentang Pengantar Filsafat Ilmu secara komprehensif dengan
berbagai pendekatan dan metode kajian,
2.
Memiliki pemahaman tentang
dasar-dasar pengetahuan, secara
komperhensif, utuh dan terintegrasi, untuk kemudian dapat di aplikasikan
dalam memeroleh ilmu pengetahuan.
3.
Menerima dengan kritis pentingnya pengetahuan sain, pengetahuan filsafat, dan pengetahuan mistis, serta kemampuan
mengaplikasikannya teori-teori yang telah dipelajari.
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini
merupakan Mata Kuliah Keahliah Profesi (MKKP) yang diberikan kepada mahasiswa
program studi Sosiologi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Dalam perkuliahan ini
dibahas materi-materi mengenai Pengantar Filsafat Ilmu: Definisi, Kedudukan,
dan Ruang Lingkup; Dasar-Dasar Pengetahuan: Penalaran, Logika, Sumber
Pengetahuan, dan Kriteria Kebenaran; Ontologi: Metafisika, Asumsi, Peluang,
Beberapa Asumsi dalam Ilmu dan Batas-Batas Penjelajahan Ilmu; Epistimologi:
Jarum sejarah pengetahuan, pengetahuan, metode ilmiah, dan struktur
pengetahuan ilmiah; Aksiologi: ilmu dan moral, tanggung jawab social ilmuan, Logika ilmu dan berpikir ilmiah; Pengetahuan Sain:
Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Sain; Ilmu dan
Kebudayaan;
Teori kebenaran Ilmiah; Etika Ilmu; Tanggung jawab moral keilmuan; Pengetahuan Mistis:
Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Mistis; Penelitian dan Penulisan Ilmiah.
|
Materi
Pokok Perkuliahan
|
:
|
Pertemuan 1 : Pengantar Perkuliahan:
cakupan, target, metode, tugas, dan evaluasi
Pertemuan 2 : Pengantar
Filsafat Ilmu dan Dasar-Dasar Pengetahuan.
Pertemuan 3 : Ontologi:
Hakikat Apa yang Dikaji
Pertemuan 4 : Epistimologi:
Cara Mendapatkan Pengetahuan yang Benar
Pertemuan 5 : Aksiologi
: Nilai Kegunaan Ilmu
Pertemuan 6 : Pengetahuan
Sains: Ontologi Sains, Epistimologi Sains, Aksiologi Sains.
Pertemuan 7 : Logika Ilmu
dan Berpikir Ilmiah
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Ilmu dan
Kebudayaan
Pertemuan 10 : Teori
Kebenaran Ilmiah
Pertemuan 11 : Etika Ilmu
Pertemuan 12 : Tanggung jawab
Moral Keilmuan
Pertemuan 13 : Pengetahuan
Mistis: Ontologi Mistis, Epistimologi Mistis, Aksiologi Mistis
Pertemuan 14 : Penelitian dan
Penulisan Ilmiah
Pertemuan 15 : Kesimpulan dan
Refleksi Perkuliahan
Pertemuan 16 : UAS
|
Metode Pembelajaran :Student
Centerd and Andragogi Aproach
|
||
Tata Tertib :
1.
Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap muka dan mengikuti perkuliahan secara aktif
(partisipatif).
2.
Dosen dan Mahasiswa tiba
di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu
yang ditetapkan/disepakati.
3.
Ada
pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
4.
Selama perkuliahan berlangsung,
HP dalam posisi
off atau silent.
5.
Mengajukan izin
(angkat tangan)
jika ingin bertanya,
menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan
lain.
6.
Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
7.
Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran normalainnya.
Penilaian :1.
Terstruktur (TST)
2. Mandiri
(MDR)
3.
Ujian Tengah Semester (UTS)
4. Ujian
Akhir Semester (UAS)
Evaluasi Yang Direncanakan
1.
Tugas
Individu:
a.
Membaca,
menganalisis, mensintesis, serta membuat resum
topik-topik bahasan filsafat ilmu pada setiap
pertemuan.
b.
Menulis
sebuah karya ilmiah berupa artikel dengan menggunakan kerangka karangan yang
benar, pilihan kata yang baik/formal serta memperhatikan ejaan yang
disempurnakan, dijadikan satu bundel dan diserahkan saat UAS berlangsung.
2.
Tugas Kelompok
a.
Membuat makalah.
Isinya mencakup daftar isi,
kata pengantar, pendahuluan, uraian inti, kesimpulan, saran,
dandaftar pustaka.
b.
Membuat bahan presentasi
(power point)
c.
Jikaada
film/video pendukung dipersilahkan
(optional).
d.
Gunakan buku-buku
di bawah sebagai rujukan.
Jika ada buku lain
yang setara boleh digunakan sebagai rujukan tambahan.
|
||
Referensi
|
:
Jujun S Suriasumantri, Filsafat
Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
--------------------------, Ilmu
Dalam Presfektif. Gramedia, Jakarta.
Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Conny Semiawan, dkk, Dimensi
Kreatif Dalam Filsafat Ilmu. Rosda Karya: Bandung
Solly Lubis, Filsafat
Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju, Jakarta.
|
Mengetahui,
Ketua Jurusan/Prodi
______________________
NIP.
|
Bandung, Januari 2015
Dosen Pengampu Mata Kuliah
Ahmad
Syaeful R., M.Pd.
NIP.
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode
Mata Kuliah
|
:
|
9003
|
Mata
Kuliah
|
:
|
Filsafat Ilmu
|
Bobot
SKS
|
:
|
2 SKS
|
Jurusan/Prodi
|
:
|
Sosiologi
|
Semester
|
:
|
2
|
Dosen
|
:
|
Ahmad Syaeful
R., M.Pd.
|
Mata
Kuliah Prasyarat
|
:
|
-
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Mengetahui Kontrak
Perkuliahan, memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan masalah-masalah
tentang Pengantar Filsafat Ilmu, Dasar-Dasar Pengetahuan, Ontologi,
Epistimologi, Aksiologi, Logika ilmu dan berpikir ilmiah, Pengetahuan Sain, Ilmu dan
Kebudayaan,
Teori kebenaran Ilmiah, Etika Ilmu, Tanggung jawab moral keilmuan, Pengetahuan Mistis, Penelitian dan
Penulisan Ilmiah.
|
Deskripsi
Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini
merupakan Mata Kuliah Keahliah Profesi (MKKP) yang diberikan kepada mahasiswa
program studi Sosiologi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Dalam perkuliahan ini
dibahas materi-materi mengenai Pengantar Filsafat Ilmu: Definisi, Kedudukan,
dan Ruang Lingkup; Dasar-Dasar Pengetahuan: Penalaran, Logika, Sumber
Pengetahuan, dan Kriteria Kebenaran; Ontologi: Metafisika, Asumsi, Peluang,
Beberapa Asumsi dalam Ilmu dan Batas-Batas Penjelajahan Ilmu; Epistimologi:
Jarum sejarah pengetahuan, pengetahuan, metode ilmiah, dan struktur
pengetahuan ilmiah; Aksiologi: ilmu dan moral, tanggung jawab sosial ilmuan, Logika ilmu dan berpikir ilmiah; Pengetahuan Sain:
Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Sain; Ilmu dan
Kebudayaan;
Teori kebenaran Ilmiah; Etika Ilmu; Tanggung jawab moral keilmuan; Pengetahuan
Mistis: Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Mistis; Penelitian dan
Penulisan Ilmiah.
|
Pertemuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
Strategi, Metode, dan Media
|
Pola Penugasan
|
Penilaian
|
Referensi
|
|||||||||
1
|
Kontrak Perkuliahan
|
Pengantar; Orientasi
Umum Perkuliahan dan Kontrak Studi
|
- Kontrak belajar
- Penjelasan SAP
-Pengertian filsafat
|
Setelah mengikuti perkuliahan
mahasiswa diharapkan mampu mengetahui:
- Tujuan mata kuliah
- Cakupan pembahasan
- Kontrak belajar
|
Ceramah dan Tanya Jawab
|
-
|
Penilaian proses (kehadiran,
keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses
pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
-
|
|||||||||
2
|
Mendeskripsikan
pengertian dan ruang lingkup ilmu filsafat
|
Pengantar Filsafat Ilmu dan
Dasar-Dasar Pengetahuan
|
-
Pengertian Ilmu dan filsafat
-
Penalaran
-
Logika
-
Sumber pengetahuan
-
Kriteria kebenaran
-
Contoh objek filsafat
|
1.
Mendeskrispikan pengertian filsafat sebagai ilmu
2.
Mendeskripsikan penalaran, logika, sumber
pengetahuan dan kriteria kebenaran dalam filsafat
3.
Mendeskripsikan dan memberi contoh objek filsafat.
|
Ceramah dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Referensi No.
|
||||||||||
3
|
Mendeskripsikan
pengertian dan ruang lingkup filsafat pengetahuan
|
Ontologi: Hakikat yang
Dikaji
|
-
Definisi Ontologi
-
Asumsi,
-
Peluang,
-
Asumsi dalam Ilmu
-
Batas-Batas Penjelajahan Ilmu;
-
Objek kajian
-
Aliran dalam metafisika ontologi
|
1.
Mendeskripsikan definisi ontologi
2.
Mendeskrispikan objek kajian filsafat
3.
Mendeskrifsikan aliran dalam metafisika ontologi dan cabang-cabang filsafat.
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran,
keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses
pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Referensi No.
|
|||||||||
4
|
Mendeskripsikan pengertian dan
ruang lingkup Epistimologi: cara mendapatkan pengetahuan yang benar
|
Epistimologi
|
-
Pengertian Epistimologi dalam filsafat ilmu
-
Asal sejarah pengetahuan,
-
Pengertian Pengetahuan
-
metode ilmiah, dan
-
struktur pengetahuan ilmiah;
-
Aliran-aliran dalam epistimologi
|
1.
Menjelaskan pengertian epistimologi dalam filsafat ilmu
2.
Mengetahui metode ilmiah, struktur pengetahuan
ilmiah
3.
Mengidentifikasi aliran-aliran dalam epistimologi
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Referensi No.
|
||||||||||
5
|
Mengetahui nilai kegunaan ilmu dalam
filsafat ilmu
|
Aksiologi
|
-
Pengertian Aksiologi dalam filsafat
-
ilmu dan moral,
-
tanggung jawab sosial ilmuan,
-
objek Aksiologi
|
1.
Menjelaskan pengertian aksiologi dalam filsafat ilmu
2.
Mengetahui ilmu dan moral, serta tanggung jawab
sosial ilmuan.
3.
Mengidentifikasi objek aksiologi
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Referensi No.
|
||||||||||
6
|
Menganalisis aliran dalam pengetahuan
sains
|
Pengetahuan Sains: Ontologi, Epistimologi
dan Aksiologi Sain
|
-
Definisi Sains
-
Aliran Teori Sains
-
Contoh Pengetahuan Sains
|
1.
Menjelaskan definisi sains
2.
Menganalisis aliran dalam sains
3.
Memberikan contoh dari pengetahuan sains
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran,
keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses
pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Referensi No.
|
||||||||||
7
|
Menjelaskan
logika ilmu dalam berpikir ilmiah
|
Logika ilmu dan berpikir ilmiah
|
-
Hakikat berpikir ilmiah
-
Bahasa keilmuan
-
Kriteria metode berpikir ilmiah
-
Kelemahan berpikir ilmiah
|
1.
Menjelaskan hakikat berpikir ilmiah
2.
Mengetahui bahasa keilmuan
3.
Menjelaskan kriteria metode berpikir ilmiah
4.
Mengidentifikasi Kelemahan berpikir ilmiah
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Referensi No.
|
||||||||||
8
|
Ujian
Tengah Semester (UTS)
|
||||||||||||||||
9
|
Menganalisis ilmu dan kebudayaaan dari
hubungan masyarakat dengan kebudayaaan serta pengembangan kebudayaan dari
pola-pola kebudayaan
|
Ilmu dan
Kebudayaan
|
-
Pengertian Ilmu dan
Kebudayaan
-
Manusia dan Kebudayaan
-
Ilmu dan pengembangan
kebudayaan
-
Pola kebudayaan
|
1.
Menjelaskan dasar-dasar ilmu kebudayaan
2.
Mendeskripsikan mengenai hubungan masyarakat dan
kebudayaan serta pengembangan kebudayaan.
3.
Menganalisis pola-pola kebudayaan
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran,
keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses
pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Referensi No.
|
|||||||||
10
|
Menjelaskan serta menganalisis teori
kebenaran ilmiah dalam filsafat ilmu
|
Teori kebenaran Ilmiah
|
-
Kebenaran koherensi
-
Kebenaran Korespondensi
-
Kebenaran pragmatis
-
Kebenaran performatif
-
Kebenaran proposisi
-
Kebenaran konstruktivism
-
Kebenaran religiusisme
|
1.
Menjelaskan perbedaan kebenaran koherensi,
korespondensi, pragmatis, performatif, proposisi, kontruktivisme, dan
kebenaran religiusisme
2.
Memberikan contoh kebenaran tujuh kebenaran
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran,
keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses
pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Referensi No.
|
|||||||||
11
|
Mengetahui serta menerapkan etika
ilmiah dalam dunia penelitian ilmiah
|
Etika ilmu
|
-
Pengertian
-
Hubungan etika dan ilmu Masyarakat
ilmiah
-
Masyarakat berbudaya ilmu
pengetahuan
|
1.
Menjelaskan pengertian etika ilmu
2.
Mengidentifikasi hubungan etika dan ilmu
masyarakat ilmiah
3.
Menjelaskan masyarakat berbudaya ilmu pengetahuan
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Referensi No.
|
||||||||||
12
|
Mengetahui serta menerapkan
tanggungjawab moral keilmuan
|
Tanggung jawab moral keilmuan
|
-
Komponen-komponen pembangun ilmu
-
Sumber-sumber ilmu
-
Etika keilmuan
-
Sikap ilmuwan
-
Kesadaran moral
|
1.
Menjelaskan komponen pembangunan ilmu
2.
Menjelaskan sumber-sumber ilmu
3.
Menerapkan etika keilmuan, sikap ilmuan serta
kesadaran moral
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran,
keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses
pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Referensi No.
|
|||||||||
13
|
Mengetahui dan menganaliais
pengetahuan mistis, serta aliran-aliran yang melingkupinya
|
Pengetahuan Mistis:
Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Mistis.
|
-
Pengertian Mistis
-
Objek pengetahuan mistis
-
Teori pengetahuan mistis
-
Conoh ontologi mistis,
epistimologi mistis, dan Aksiologi Mistis
|
1.
Menjelaskan pengertian pengetahuan mistis
2.
Mendeskripsikan dan memberi contoh objek
pengetahuan mistis
3.
Mendeskripsikan pengetahuan mistis
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Referensi No.
|
||||||||||
14
|
Menganalisis dan mengaplikasikan
penelitian dan penulisan ilmiah untuk menghasilkan ilmu pengetahuan yang
ilmiah
|
Penelitian dan Penulisan Ilmiah
|
-
Struktur penelitian dan
penulisan ilmiah
-
Teknik penulisan ilmiah
-
Teknik notasi ilmiah
|
1. Menjelaskan
struktur penelitian dan penulisan ilmiah
2. Mendeskripsikan
serta mengaplikasikan teknik penulisan ilmiah, dan teknik notasi ilmiah
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Referensi No.
|
||||||||||
15
|
Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
|
Kesimpulan; Refleksi Perkuliahan
|
Membuka perkuliahan dengan salam,
quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman
materi, post tes dan menutup perkulaian
|
Ceramah dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran,
keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses
pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
|
||||||||||
16
|
Ujian
Akhir Semester (UAS)
|
||||||||||||||||
Referensi:
- Jujun S Suriasumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
- --------------------------, Ilmu Dalam Presfektif. Gramedia, Jakarta.
- Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu, Remaja Rosdakarya, Bandung.
- Conny Semiawan, dkk, Dimensi Kreatif Dalam Filsafat Ilmu. Rosda Karya: Bandung
- Solly Lubis, Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju, Jakarta.
Mengetahui,
Ketua Jurusan/Prodi
___________________
|
Bandung, ______________
Dosen
Pengampu Mata Kuliah
Ahmad Syaeful R., M.Pd.
|