Kode
Mata Kuliah
|
:
|
|
Mata
Kuliah
|
:
|
Bahasa Indonesia/MKDU
|
Bobot
SKS
|
:
|
2 SKS
|
Jurusan/Prodi
|
:
|
................/S1
|
Semester
|
:
|
1 (Satu)
|
Dosen
|
:
|
Ahmad Syaeful Rahman, M.Pd.
|
Mata
Kuliah Prasyarat
|
:
|
-
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Sejarah perkembangan bahasa Indoensia, Fungsi
dan Ragam Bahasa; Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia; Kaidah dan Ejaan Bahasa
Indonesia; penggunaan
Diksi atau Pilihan Kata; Menulis Jenis Kalimat Efektif; Fungsi dan Jenis Paragraf; Menyusun Struktur Karangan; Menganalisis Penalaran; Mengetahui Diskusi, Pidato dan Ceramah; Membuat
Sinopsis, Ikhtisar, Ringkasan, Resensi, dan Makalah; Mengetahui Pemakaian Huruf dan Tanda Baca; Menggunakan
Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka; dan Menyusun Karya Ilmiah..
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Mengetahui Kontrak
Perkuliahan, Sejarah perkembangan dan
kedudukan bahasa Indoensia; Ejaan
dan Tanda Baca Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan
Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan
Kerangka Karangan dalam menulis karya ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal
Ilmiah).
|
Indikator
|
:
|
1.
Memiliki kemampuan memahami kedudukan
dan ragam bahasa Indonesia.
2.
Memiliki keterampilan dalam menulis dan berbicara
menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
3.
Memiliki pemahaman tentang
cara menulis karya ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan
benar.
|
Deskripsi
Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah bahasa Indonesia ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang Fungsi dan Ragam Bahasa; Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia; Kaidah dan Ejaan Bahasa
Indonesia; penggunaan
Diksi atau Pilihan Kata; Menulis Jenis Kalimat Efektif; Fungsi dan Jenis Paragraf; Menyusun Struktur Karangan; Menganalisis Penalaran; Mengetahui Diskusi, Pidato dan Ceramah; Membuat
Sinopsis, Ikhtisar, Ringkasan, Resensi, dan Makalah; Mengetahui Pemakaian Huruf dan Tanda Baca; Menggunakan
Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka; dan Menyusun Karya Ilmiah.
|
Materi
Pokok Perkuliahan
|
:
|
1.
Pengantar; Orientasi Umum Perkuliahan dan Kontrak Studi
2.
Mengetahui Fungsi dan Ragam
Bahasa (C1)
3.
Mengidentifikasi Sejarah
Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia (C4)
4.
Menggunakan Kaidah dan
Ejaan Bahasa Indonesia (C3)
5.
Menggunakan Diksi atau
Pilihan Kata (C3)
6.
Menulis Jenis Kalimat
Efektif (C6)
7.
Mengetahui Fungsi dan Jenis
Paragraf (C1)
8.
UTS
9.
Menyusun Struktur Karangan
(C6)
10. Menganalisis Penalaran (C4)
11. Mengetahui Diskusi, Pidato dan Ceramah (C1)
12. Membuat Sinopsis,
Ikhtisar, Ringkasan, Resensi, dan Makalah (C6)
13. Mengetahui Pemakaian Huruf dan Tanda Baca (C1)
14. Menggunakan Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka (C3)
15. Menyusun Karya Ilmiah (C6)
16. UAS
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Student Centerd and Andragogi Aproach
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1. Terstruktur (TST)
2. Mandiri (MDR)
3. Ujian Tengah Semester (UTS)
4. Ujian Akhir Semester (UAS)
|
Referensi
|
:
|
1. R. Ahmad S. dan Hendri P. Mudah Menguasai Bahasa Indonesia.
Bandung: Widya Rama. 2015
2. Arifin, E. Zainal. Cermat Berbahasa
Indonesia. Jakarta: Akademika Persindo. 2009
3. Gani, A. Ramlan. Disiplin Berbahasa
Indonesia. Jakarta: FITK Press. 2011
4. Sahara, Siti. Keterampilan Berbahasa
Indonesia. Jakarta: FITK UIN Jakarta 2009
5. Alwi, Hasan. Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2000
6. Akadiah MK, Sabarti, dkk. Menulis I. BMP PINA4436/3SKS/Modul 1-9.
Jakarta: Universitas Terbuka. 1995
7. Suparno dan Muhammad Yunus. Keterampilan
Dasar Menulis. BMP PGSD4303/3SKS/Modul 1-6. Jakarta: Pusat Penerbitan
Universitas Terbuka. 2003
8. Buku lain yang relevan
|
Mengetahui,
Ketua Jurusan/Prodi
........................................
NIP.
|
Bandung, Juli 2015
Dosen Pengampu
Mata Kuliah
Ahmad Syaeful
Rahman, M.Pd.
|
|
|
|
|
Peraturan Perkuliahan
1.
Mahasiswa
hadir dalam perkuliahan tatap muka dan mengikuti perkuliahan secara aktif
(partisipatif).
2.
Dosen
dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
3.
Ada
pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
4.
Selama
perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
5.
Mengajukan
izin (angkat tangan) jika ingin bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau
keperluan lain.
6.
Saling
menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
7.
Tidak
boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
Penilaian
1.
Kehadiran
2.
Penilaian
presentasi kelompok 10%
3.
Penilaian
tugas individu 20%
4.
Penilaian UTS 30%
5.
Penilaian
UAS 40%
Evaluasi Yang Direncanakan
1.
Tugas
Individu:
a.
Membaca,
menganalisis, mensintesis, serta membuat resum
topik-topik bahasan bahasa
Indonesia pada setiap pertemuan.
b.
Membuat berbagai macam paragraf (narasi, deskripsi,
argumentasi, persuasi dan eksposisi) dengan bentuk deduksi dan induksi,
dijadikan satu bundel dan diserahkan dua hari setelah UTS.
c.
Menulis
sebuah karya ilmiah berupa artikel dengan menggunakan kerangka karangan yang
benar, pilihan kata yang baik/formal serta memperhatikan ejaan yang
disempurnakan, dijadikan satu bundel dan diserahkan empat hari setalah UAS.
2.
Tugas
Kelompok
a.
Membuat
makalah. Isinya mencakup daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, uraian inti,
kesimpulan, saran, dan daftar pustaka.
b.
Membuat
bahan presentasi (power point)
c.
Jika
ada film/video pendukung dipersilahkan (optional).
d.
Gunakan
buku-buku di bawah sebagai rujukan. Jika ada buku lain yang setara boleh
digunakan sebagai rujukan tambahan.
Cntoh
Format Resum Perkuliahan
RESUME
PERKULIAHAN
MATA KULIAH :……………………………………………………………………..…
TOPIK : ………………………………………………………………………………
HARI, TGL :
……………..… JAM: …………..………RUANG: ………………..
A.
RINGKASAN
MATERI (SUMMARY)
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
B.
ISU
YANG BERKEMBANG DALAM DISKUSI
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
C.
SECOND/OTHER OPINIONS
(Pendapat dari orang/sumber lain):
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
D.
REFLEKSI:
Pendapat/ penilaian/
komentar anda: ………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Pengetahuan/pengalaman
baru atau penting yang anda peroleh:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Nama : …………………………… HP: …………………….…………
Email : ………………………… Jurusan/program studi:
………………
PENJELASAN
DAN CARA
PENGISIAN
LEMBAR RESUME
A.
RINGKASAN
MATERI (SUMMARY)
Tuliskan
ringkasan materi yang dibahas atau disajikan oleh dosen/presenter/kelompok
penyaji.
B.
ISU
YANG BERKEMBANG DALAM DISKUSI
Tuliskan
isu-isu/masalah/topik/pertanyaan yang muncul dalam diskusi, termasuk jawaban
atau solusi yang dimunculkan.
C. SECOND/OTHER
OPINION
Cari dan
tuliskan teori/pendapat dari sumber atau orang lain tentang isu/topik yang
dibahas. Sumber bisa dari buku, jurnal, internet dll. Setiap kutipan harus
mencantumkan identitas sumbernya.
D.
REFLEKSI
1.
Tuliskan
pendapat/penilaian/komentar anda terhadap materi/topik/isu yang dibahas.
2.
Tuliskan
sesuatu yang anda anggap baru atau penting yang anda peroleh terkait dengan
materi/topik
yang dibahas.
E.
PETUNJUK
PENGISIAN:
1.
Resume
dibuat untuk setiap perkuliahan, baik berupa kuliah dosen maupun diskusi kelas.
2.
Resume
dibuat dengan menggunakan format yang telah ditetapkan, ditik 1 spasi kertas
A4, time new roman font 11.
4.
Setiap
kutipan harus mencantumkan identitas sumbernya. (daftar pustaka).
5.
Format pegiriman: subjek di isi dengan:
Kelas_Jurusan_nama lengkap. Contoh: C_SOS_Tsuraya