SILABUS BAHASA INDONESIA TA. 2016-2017
Kode Mata
Kuliah
|
:
|
|
Mata Kuliah
|
:
|
Bahasa
Indonesia/MKDU
|
Bobot SKS
|
:
|
2 SKS
|
Strata/Prodi
|
:
|
S1/
|
Semester
|
:
|
1
(Satu)
|
Dosen
|
:
|
Ahmad
Syaeful Rahman, M.Pd.
|
Mata Kuliah
Prasyarat
|
:
|
-
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Sejarah perkembangan bahasa
Indoensia, Fungsi
dan Ragam Bahasa; Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia; Kaidah dan Ejaan Bahasa
Indonesia; Penggunaan
Diksi atau Pilihan Kata; Menulis Jenis Kalimat Efektif; Fungsi dan Jenis Paragraf; Menyusun Struktur Karangan; Menganalisis Penalaran; Mengetahui Diskusi, Pidato dan Ceramah; Membuat Sinopsis,
Ikhtisar, Ringkasan, Resensi, dan Makalah; Mengetahui
Pemakaian Huruf dan Tanda Baca; Menggunakan Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Mengetahui Kontrak Perkuliahan, Sejarah perkembangan dan kedudukan bahasa Indoensia; Ejaan dan
Tanda Baca Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan
Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan
Kerangka Karangan dalam menulis karya ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal
Ilmiah).
|
Indikator
|
:
|
1. Memiliki kemampuan memahami
kedudukan dan ragam bahasa Indonesia.
2. Memiliki keterampilan dalam menulis dan berbicara menggunakan
bahasa Indonesia secara baik dan benar.
3. Memiliki pemahaman tentang cara menulis karya ilmiah
dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
|
Deskripsi
Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah bahasa Indonesia ini
mengajarkan kepada mahasiswa tentang Fungsi dan Ragam Bahasa; Sejarah Perkembangan dan
Kedudukan Bahasa Indonesia; Kaidah dan Ejaan Bahasa Indonesia; penggunaan Diksi atau Pilihan Kata; Menulis Jenis Kalimat
Efektif; Fungsi
dan Jenis Paragraf; Menyusun Struktur Karangan; Menganalisis Penalaran; Mengetahui Diskusi, Pidato dan Ceramah; Membuat Sinopsis,
Ikhtisar, Ringkasan, Resensi, dan Makalah; Mengetahui
Pemakaian Huruf dan Tanda Baca; Menggunakan Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka dalam karya
ilmiah.
|
Materi Pokok
Perkuliahan
|
:
|
1.
Pengantar; Orientasi Umum
Perkuliahan dan Kontrak Studi
2.
Mengetahui Fungsi dan Ragam Bahasa (C1)
3.
Mengidentifikasi Sejarah Perkembangan dan Kedudukan Bahasa Indonesia
(C4)
4.
Menggunakan Kaidah dan Ejaan Bahasa Indonesia (C3)
5.
Menggunakan Diksi atau Pilihan Kata (C3)
6.
Menulis Jenis Kalimat Efektif (C6)
7.
Mengetahui Fungsi dan Jenis Paragraf (C1)
8.
UTS
9.
Menyusun Struktur Karangan (C6)
10.
Menganalisis Penalaran (C4)
11.
Mengetahui Diskusi, Pidato dan Ceramah (C1)
12.
Membuat Sinopsis, Ikhtisar,
Ringkasan, Resensi, dan Makalah (C6)
13.
Mengetahui Pemakaian Huruf dan Tanda Baca (C1)
14.
Menggunakan Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka dalam karya
ilmiah(C3)
15.
Refleksi dan evakuasi
16.
UAS
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Student
Centerd and Andragogi Aproach
|
Penilaian
Evaluasi yang
direncanakan
Peraturan
perkuliahan
|
:
|
Penilaian
diperoleh dari aspek-aspek:
1. Terstruktur
(TST) 10%
2. Mandiri
(MDR) 20%
3. Ujian Tengah
Semester (UTS) 30%
4. Ujian Akhir
Semester (UAS) 40%
1.
Tugas
Individu
a.
Membaca,
menganalisis, serta membuat resum topik-topik bahasan bahasa Indonesia pada
setiap prtemuan.
b.
Membuat
berbagai macam paragraf (narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi dan
eksposisi) dengan bentuk deduksi dan
induksi, sebagai tugas UTS.
c.
Menulis
sebuah karya ilmiah berupa artikel/jurnal ilmiah dengan menggunakan kerangka
karangan yang benar, pilihan kata yang baik/formal serta mempehatikan ejaan
bahasa Indonesia, sebagai tugas UAS.
d.
Seluruh
tugas yang diberikan disususn dalam satu bundel berbentuk portofolio.
2.
Tugas
kelompok
a.
Membuat
makalah. Isinya mencakup daftar isi, kata pengantar,
BAB I PENDAHULUAN, BAB II KAJIAN TEORI, BAB IV PEMBAHASAN, BAB V PENUTUP dan
DAFTAR PUSTAKA.
b.
Membuat
power point
c.
Jika ada
film/vidio pendukung dipersilahkan
|
Referensi
|
:
|
1.
Ahmad S.R. dan Hendri P. Mudah Menguasai Bahasa Indonesia. Bandung: Widya Rama. 2015
2.
Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015 Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
3.
Gani, A. Ramlan. Disiplin
Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press. 2011
4.
Sahara, Siti. Keterampilan
Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK UIN Jakarta 2009
5.
Alwi, Hasan. Tata Bahasa
Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2000
6.
Akadiah MK, Sabarti, dkk. Menulis I. BMP PINA4436/3SKS/Modul 1-9.
Jakarta: Universitas Terbuka. 1995
7.
Suparno dan Muhammad Yunus. Keterampilan
Dasar Menulis. BMP PGSD4303/3SKS/Modul 1-6. Jakarta: Pusat Penerbitan
Universitas Terbuka. 2003
8.
Buku
yang relevan
|
Mengetahui,
Ketua Jurusan/Prodi
........................................
NIP.
|
Bandung, ..............................
Dosen Pengampu
Mata Kuliah
Ahmad Syaeful
Rahman, M.Pd.
|
Contoh Format Resum Perkuliahan
RESUME PERKULIAHAN
MATA
KULIAH :……………………………………………………………………..…
TOPIK :
……………………………………………………………………
HARI,
TGL : ……………..…
JAM: …………..………RUANG: ………………..
A. RINGKASAN
MATERI (SUMMARY)
………………………………………………………………………………………………
B. ISU
YANG BERKEMBANG DALAM DISKUSI
………………………………………………………………………………………………
C. SECOND/OTHER OPINIONS
(Pendapat dari orang/sumber lain):
………………………………………………………………………………………………
D. REFLEKSI:
Pendapat/
penilaian/ komentar anda:
………………………………………………………………………………………………
Pengetahuan/pengalaman baru atau penting yang anda
peroleh:
………………………………………………………………………………………………
PENJELASAN DAN CARA PENGISIAN LEMBAR RESUME
A. RINGKASAN
MATERI (SUMMARY)
Tuliskan ringkasan materi yang dibahas atau
disajikan oleh dosen/presenter/kelompok penyaji.
B. ISU
YANG BERKEMBANG DALAM DISKUSI
Tuliskan isu-isu/masalah/topik/pertanyaan yang muncul
dalam diskusi, termasuk jawaban atau solusi yang dimunculkan.
C.
SECOND/OTHER
OPINION
Cari dan tuliskan teori/pendapat dari sumber atau
orang lain tentang isu/topik yang dibahas. Sumber bisa dari buku, jurnal,
internet dll. Setiap kutipan harus mencantumkan identitas sumbernya.
D. REFLEKSI
1. Tuliskan
pendapat/penilaian/komentar anda terhadap materi/topik/isu yang dibahas.
2. Tuliskan
sesuatu yang anda anggap baru atau penting yang anda peroleh terkait dengan
materi/topik
yang dibahas.
OUTLINE LAPORAN SEMINAR
LEMBAR
PENGESAHAN
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
2. Tujuan
3. Manfaat
BAB
II PROFIL PENYELENGGARA
1. Nama
Lembaga Pcnyelenggara
2. Alamat
3. No.
Telepon
4. Email
5. Website
6. Nama
Ketua Pcnyeenggara
7. Jenis
Seminar
8. Nama
Narasumber
BAB
III KEGIATAN DAN HASIL
SEMINAR
1. Kegiatan
Kunjungan
Jelaskan apa saja kegiatan seminar yang dilaksanakan
2. Hasil
Seminar
Herisi tentang materi yang disajikan narasumber
termasuk pertanyaan-pertanyaan dan
jawaban.
BAB
IVPENUTUP
1. Simpulan
2. Saran-saran
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN:
Brosur
Foto-foto
Laporan ditulis tangan
menggunakan bollpoint ber-tinta biru.
LEMBAR
PENGESAHAN
Dengan
ini dinyatakan bahwa mahasiswa
Nama :
NIM :
Strata/Prodi :
Mata
Kuliah :
Dosen
:
Benar
telah mengikuti seminar yang diselenggarakan oleh ................... Pada Hari: ........... Tanggal...............
Bandung,...........................
Narasumber/Panitia Penyelenggara
(........................................)
CONTOH SUSUNAN PORTOFOLIO PERKULIAHAN
DAFTAR
ISI
COVER
KATA PENGANTAR
SURAT PERNYATAAN
LEMBAR
PENGESAHAN
DAFTAR ISI
I.
HIMPUNAN CATATAN
PERKULIAHAN
A.
Pertemuan
1 Judul
B.
Pertemuan
2
C.
Dll
II.
HIMPUNAN TUGAS
KELOMPOK
A.
Analisis
Teks Surat kabar
B.
dll.
III.
HIMPUNAN MAKALAH
DAN SLIDE PERKULIAHAN
A.
Fungsi
dan Ragam Bahasa
B.
dll.
IV.
HIMPUNAN TUGAS INDIVIDU
A.
Tugas
UTS
B.
Makalah
Perorangan (UAS)
C.
dll.
VI.
LAMPIRAN