Silabus dan Sap Filsafat Ilmu 2015

Unknown | Sabtu, 31 Januari 2015,05.34 |
SILABUS FILSAFAT ILMU
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
Kode Mata Kuliah
:
9003
Mata Kuliah
:
Filsafat Ilmu
Bobot SKS
:
2 SKS
Jurusan/Prodi
:

Semester
:

Dosen
:
Ahmad Syaeful R., M.Pd.
Mata Kuliah Prasyarat
:
-
Standar Kompetensi
:
Mengetahui Kontrak Perkuliahan, memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan masalah-masalah tentang Pengantar Filsafat Ilmu, Dasar-Dasar Pengetahuan, Ontologi, Epistimologi, Aksiologi, Logika ilmu dan berpikir ilmiah, Pengetahuan Sain, Ilmu dan Kebudayaan, Teori kebenaran Ilmiah, Etika Ilmu, Tanggung jawab moral keilmuan, Pengetahuan Mistis, Penelitian dan Penulisan Ilmiah.

Kompetensi Dasar / Kompetensi Inti
:
Mengetahui Kontrak Perkuliahan, memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan masalah-masalah tentang Pengantar Filsafat Ilmu, Dasar-Dasar Pengetahuan, Ontologi, Epistimologi, Aksiologi, Logika ilmu dan berpikir ilmiah, Pengetahuan Sain, Ilmu dan Kebudayaan, Teori kebenaran Ilmiah, Etika Ilmu, Tanggung jawab moral keilmuan, Pengetahuan Mistis, Penelitian dan Penulisan Ilmiah.

Indikator
:
1.     Memiliki kemampuan memahami tentang konsep dasar dan masalah-masalah tentang Pengantar Filsafat Ilmu secara komprehensif  dengan berbagai pendekatan dan metode kajian,
2.     Memiliki pemahaman tentang dasar-dasar pengetahuan, secara komperhensif, utuh dan terintegrasi, untuk kemudian dapat di aplikasikan dalam memeroleh ilmu pengetahuan.
3.     Menerima dengan kritis pentingnya pengetahuan sain, pengetahuan filsafat, dan pengetahuan mistis, serta kemampuan mengaplikasikannya teori-teori yang telah dipelajari.

Deskripsi Mata Kuliah
:
Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Keahliah Profesi (MKKP) yang diberikan kepada mahasiswa program studi Sosiologi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai Pengantar Filsafat Ilmu: Definisi, Kedudukan, dan Ruang Lingkup; Dasar-Dasar Pengetahuan: Penalaran, Logika, Sumber Pengetahuan, dan Kriteria Kebenaran; Ontologi: Metafisika, Asumsi, Peluang, Beberapa Asumsi dalam Ilmu dan Batas-Batas Penjelajahan Ilmu; Epistimologi: Jarum sejarah pengetahuan, pengetahuan, metode ilmiah, dan struktur pengetahuan ilmiah; Aksiologi: ilmu dan moral, tanggung jawab social ilmuan, Logika ilmu dan berpikir ilmiah; Pengetahuan Sain: Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Sain; Ilmu dan Kebudayaan; Teori kebenaran Ilmiah; Etika Ilmu; Tanggung jawab moral keilmuan; Pengetahuan Mistis: Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Mistis; Penelitian dan Penulisan Ilmiah.


Materi Pokok Perkuliahan
:
Pertemuan 1    : Pengantar Perkuliahan: cakupan, target, metode, tugas, dan evaluasi
Pertemuan 2    :  Pengantar Filsafat Ilmu dan Dasar-Dasar Pengetahuan.
Pertemuan 3    : Ontologi: Hakikat Apa yang Dikaji
Pertemuan 4    : Epistimologi: Cara Mendapatkan Pengetahuan yang Benar
Pertemuan 5    :  Aksiologi : Nilai Kegunaan Ilmu
Pertemuan 6    : Pengetahuan Sains: Ontologi Sains, Epistimologi Sains, Aksiologi Sains.
Pertemuan 7    :  Logika Ilmu dan Berpikir Ilmiah
Pertemuan 8    : UTS
Pertemuan 9    : Ilmu dan Kebudayaan
Pertemuan 10  : Teori Kebenaran Ilmiah
Pertemuan 11  : Etika Ilmu
Pertemuan 12  : Tanggung jawab Moral Keilmuan
Pertemuan 13  : Pengetahuan Mistis: Ontologi Mistis, Epistimologi Mistis, Aksiologi Mistis
Pertemuan 14  : Penelitian dan Penulisan Ilmiah
Pertemuan 15  : Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
Pertemuan 16  : UAS

Metode Pembelajaran            :Student Centerd and Andragogi Aproach

Tata Tertib                        :
1.    Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap muka dan mengikuti perkuliahan secara aktif (partisipatif).
2.    Dosen dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
3.    Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
4.    Selama perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
5.    Mengajukan izin (angkat tangan) jika ingin bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
6.    Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
7.    Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran normalainnya.

Penilaian                          :1. Terstruktur (TST)
                                          2. Mandiri (MDR)
                                          3. Ujian Tengah Semester (UTS)
                                          4. Ujian Akhir Semester (UAS)

Evaluasi Yang Direncanakan
1.      Tugas Individu:
a.       Membaca, menganalisis, mensintesis, serta membuat resum topik-topik bahasan filsafat ilmu pada setiap pertemuan.

b.      Menulis sebuah karya ilmiah berupa artikel dengan menggunakan kerangka karangan yang benar, pilihan kata yang baik/formal serta memperhatikan ejaan yang disempurnakan, dijadikan satu bundel dan diserahkan saat UAS berlangsung.

2.      Tugas Kelompok
a.       Membuat makalah. Isinya mencakup daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, uraian inti, kesimpulan, saran, dandaftar pustaka.
b.      Membuat bahan presentasi (power point)
c.       Jikaada film/video pendukung dipersilahkan (optional).
d.      Gunakan buku-buku di bawah sebagai rujukan. Jika ada buku lain yang setara boleh digunakan sebagai rujukan tambahan.

Referensi
:
Jujun S Suriasumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
--------------------------, Ilmu Dalam Presfektif. Gramedia, Jakarta.
Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Conny Semiawan, dkk, Dimensi Kreatif Dalam Filsafat Ilmu. Rosda Karya: Bandung

Solly Lubis, Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju, Jakarta.




Mengetahui,                                                         
Ketua Jurusan/Prodi                                                  
                            


______________________        
NIP.                                                                     
Bandung,  Januari 2015

Dosen Pengampu Mata Kuliah




Ahmad Syaeful R., M.Pd.
NIP.


 SATUAN ACARA PERKULIAHAN



Kode Mata Kuliah
:
9003
Mata Kuliah
:
Filsafat Ilmu
Bobot SKS
:
2 SKS
Jurusan/Prodi
:
Sosiologi
Semester
:
2
Dosen
:
Ahmad Syaeful R., M.Pd.
Mata Kuliah Prasyarat
:
-
Standar Kompetensi
:
Mengetahui Kontrak Perkuliahan, memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan masalah-masalah tentang Pengantar Filsafat Ilmu, Dasar-Dasar Pengetahuan, Ontologi, Epistimologi, Aksiologi, Logika ilmu dan berpikir ilmiah, Pengetahuan Sain, Ilmu dan Kebudayaan, Teori kebenaran Ilmiah, Etika Ilmu, Tanggung jawab moral keilmuan, Pengetahuan Mistis, Penelitian dan Penulisan Ilmiah.

Deskripsi Mata Kuliah
:
Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Keahliah Profesi (MKKP) yang diberikan kepada mahasiswa program studi Sosiologi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai Pengantar Filsafat Ilmu: Definisi, Kedudukan, dan Ruang Lingkup; Dasar-Dasar Pengetahuan: Penalaran, Logika, Sumber Pengetahuan, dan Kriteria Kebenaran; Ontologi: Metafisika, Asumsi, Peluang, Beberapa Asumsi dalam Ilmu dan Batas-Batas Penjelajahan Ilmu; Epistimologi: Jarum sejarah pengetahuan, pengetahuan, metode ilmiah, dan struktur pengetahuan ilmiah; Aksiologi: ilmu dan moral, tanggung jawab sosial ilmuan, Logika ilmu dan berpikir ilmiah; Pengetahuan Sain: Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Sain; Ilmu dan Kebudayaan; Teori kebenaran Ilmiah; Etika Ilmu; Tanggung jawab moral keilmuan; Pengetahuan Mistis: Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Mistis; Penelitian dan Penulisan Ilmiah.

Pertemuan
Kompetensi Dasar
Materi
Uraian Materi
Indikator
Strategi, Metode, dan Media
Pola Penugasan
Penilaian
Referensi
1
Kontrak Perkuliahan
Pengantar; Orientasi Umum Perkuliahan dan Kontrak Studi
- Kontrak belajar
- Penjelasan SAP
-Pengertian filsafat
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu mengetahui:
-   Tujuan mata kuliah
-   Cakupan pembahasan 
-   Kontrak belajar

Ceramah dan Tanya Jawab
-
Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
-
2
Mendeskripsikan pengertian dan ruang lingkup ilmu filsafat
Pengantar Filsafat Ilmu dan
Dasar-Dasar Pengetahuan
-     Pengertian Ilmu dan filsafat
-     Penalaran
-     Logika
-     Sumber pengetahuan
-     Kriteria kebenaran
-     Contoh objek filsafat
1.      Mendeskrispikan pengertian filsafat sebagai ilmu
2.      Mendeskripsikan penalaran, logika, sumber pengetahuan dan kriteria kebenaran dalam filsafat
3.      Mendeskripsikan dan memberi contoh objek filsafat.

Ceramah dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi No.

3
Mendeskripsikan pengertian dan ruang lingkup filsafat pengetahuan
Ontologi: Hakikat yang Dikaji
-       Definisi Ontologi
-       Asumsi,
-       Peluang,
-       Asumsi dalam Ilmu
-       Batas-Batas Penjelajahan Ilmu;
-       Objek kajian
-       Aliran dalam metafisika ontologi
1.      Mendeskripsikan definisi ontologi
2.      Mendeskrispikan objek kajian filsafat
3.      Mendeskrifsikan aliran dalam metafisika ontologi dan cabang-cabang filsafat.
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Referensi No.

4
Mendeskripsikan pengertian dan ruang lingkup Epistimologi: cara mendapatkan pengetahuan yang benar
Epistimologi
-       Pengertian Epistimologi dalam filsafat ilmu
-       Asal sejarah pengetahuan,
-       Pengertian Pengetahuan
-       metode ilmiah, dan
-       struktur pengetahuan ilmiah;
-       Aliran-aliran dalam epistimologi
1.      Menjelaskan pengertian epistimologi dalam filsafat ilmu
2.      Mengetahui metode ilmiah, struktur pengetahuan ilmiah
3.      Mengidentifikasi aliran-aliran dalam epistimologi
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi No.
5
Mengetahui nilai kegunaan ilmu dalam filsafat ilmu
Aksiologi
-       Pengertian Aksiologi dalam  filsafat
-       ilmu dan moral,
-       tanggung jawab sosial ilmuan,
-       objek Aksiologi
1.      Menjelaskan pengertian aksiologi dalam filsafat ilmu
2.      Mengetahui ilmu dan moral, serta tanggung jawab sosial ilmuan.
3.      Mengidentifikasi objek aksiologi
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi No.

6
Menganalisis aliran dalam pengetahuan sains
Pengetahuan Sains: Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Sain

-       Definisi Sains
-       Aliran Teori Sains
-       Contoh Pengetahuan Sains

1.      Menjelaskan definisi sains
2.      Menganalisis aliran dalam sains
3.      Memberikan contoh dari pengetahuan sains


Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Referensi No.
7
Menjelaskan logika ilmu dalam berpikir ilmiah
Logika ilmu dan berpikir ilmiah
-       Hakikat berpikir ilmiah
-       Bahasa keilmuan
-       Kriteria metode berpikir ilmiah
-       Kelemahan berpikir ilmiah
1.      Menjelaskan hakikat berpikir ilmiah
2.      Mengetahui bahasa keilmuan
3.      Menjelaskan kriteria metode berpikir ilmiah
4.      Mengidentifikasi Kelemahan berpikir ilmiah
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi No.
8
Ujian Tengah Semester (UTS)
9
Menganalisis ilmu dan kebudayaaan dari hubungan masyarakat dengan kebudayaaan serta pengembangan kebudayaan dari pola-pola kebudayaan
Ilmu dan Kebudayaan
-       Pengertian Ilmu dan Kebudayaan
-       Manusia dan Kebudayaan
-       Ilmu dan pengembangan kebudayaan
-       Pola kebudayaan
1.      Menjelaskan dasar-dasar ilmu kebudayaan
2.      Mendeskripsikan mengenai hubungan masyarakat dan kebudayaan serta pengembangan kebudayaan.
3.      Menganalisis pola-pola kebudayaan

Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Referensi No.

10
Menjelaskan serta menganalisis teori kebenaran ilmiah dalam filsafat ilmu
Teori kebenaran Ilmiah
-          Kebenaran koherensi
-          Kebenaran Korespondensi
-          Kebenaran pragmatis
-          Kebenaran performatif
-          Kebenaran proposisi
-          Kebenaran konstruktivism
-          Kebenaran religiusisme
1.      Menjelaskan perbedaan kebenaran koherensi, korespondensi, pragmatis, performatif, proposisi, kontruktivisme, dan kebenaran religiusisme
2.      Memberikan contoh kebenaran tujuh kebenaran

Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Referensi No.
11
Mengetahui serta menerapkan etika ilmiah dalam dunia penelitian ilmiah
Etika ilmu
-          Pengertian
-          Hubungan etika dan ilmu Masyarakat ilmiah
-          Masyarakat berbudaya ilmu pengetahuan
1.      Menjelaskan pengertian etika ilmu
2.      Mengidentifikasi hubungan etika dan ilmu masyarakat ilmiah
3.      Menjelaskan masyarakat berbudaya ilmu pengetahuan
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi No.
12
Mengetahui serta menerapkan tanggungjawab moral keilmuan
Tanggung jawab moral keilmuan
-          Komponen-komponen pembangun ilmu
-          Sumber-sumber ilmu
-          Etika keilmuan
-          Sikap ilmuwan
-          Kesadaran moral
1.      Menjelaskan komponen pembangunan ilmu
2.      Menjelaskan sumber-sumber ilmu
3.      Menerapkan etika keilmuan, sikap ilmuan serta kesadaran moral
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Referensi No.

13
Mengetahui dan menganaliais pengetahuan mistis, serta aliran-aliran yang melingkupinya
Pengetahuan Mistis: Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Mistis.
-          Pengertian Mistis
-          Objek pengetahuan mistis
-          Teori pengetahuan mistis
-          Conoh ontologi mistis, epistimologi mistis, dan Aksiologi Mistis
 
1.      Menjelaskan pengertian pengetahuan mistis
2.      Mendeskripsikan dan memberi contoh objek pengetahuan mistis
3.      Mendeskripsikan pengetahuan mistis

Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi No.

14
Menganalisis dan mengaplikasikan penelitian dan penulisan ilmiah untuk menghasilkan ilmu pengetahuan yang ilmiah
Penelitian dan Penulisan Ilmiah
-          Struktur penelitian dan penulisan ilmiah
-          Teknik penulisan ilmiah
-          Teknik notasi ilmiah
1.    Menjelaskan struktur penelitian dan penulisan ilmiah
2.    Mendeskripsikan serta mengaplikasikan teknik penulisan ilmiah, dan teknik notasi ilmiah

Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi No.
15
Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
Kesimpulan; Refleksi Perkuliahan
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian

Ceramah dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
16
Ujian Akhir Semester (UAS)


















Referensi:
  1. Jujun S Suriasumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
  2. --------------------------, Ilmu Dalam Presfektif. Gramedia, Jakarta.
  3. Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu, Remaja Rosdakarya, Bandung.
  4. Conny Semiawan, dkk, Dimensi Kreatif Dalam Filsafat Ilmu. Rosda Karya: Bandung
  5. Solly Lubis, Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju, Jakarta.


Mengetahui,                                                 
Ketua Jurusan/Prodi                                              
                                



___________________      
                                                          
Bandung, ______________

Dosen Pengampu Mata Kuliah




Ahmad Syaeful R., M.Pd.