Silabus dan Sap MKDU Bahasa Indonesia

Unknown | Sabtu, 31 Januari 2015,05.26 |
SILABUS PERKULIAHAN
Kode Mata Kuliah
:

Mata Kuliah
:
Bahasa Indonesia
Bobot SKS
:
2 SKS
Jurusan/Prodi
:
-/-
Semester
:
1 (Satu)
Dosen
:
Ahmad Syaeful R., M.Pd.
Mata Kuliah Prasyarat
:
-
Standar Kompetensi
:
Sejarah perkembangan bahasa Indoensia, Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam Bahasa dan Karakteristiknya, Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan Kerangka Karangan, Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal Ilmiah), Kutipan, Catatan Kaki,  Daftar Pustaka, Etika Karya Ilmiah, Resensi dan Ringkasan.
Kompetensi Dasar
:
Mengetahui Kontrak Perkuliahan, Sejarah perkembangan dan kedudukan bahasa Indoensia; Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan Kerangka Karangan dalam menulis karya ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal Ilmiah).
Indikator
:
1.     Memiliki kemampuan memahami kedudukan dan ragam bahasa Indonesia.
2.     Memiliki keterampilan dalam menulis dan berbicara menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
3.     Memiliki pemahaman tentang cara menulis karya ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Deskripsi Mata Kuliah
:
Mata kuliah bahasa Indonesia ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang sejarah perkembangan bahasa Indoensia, Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam Bahasa dan Karakteristiknya, Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan Kerangka Karangan, Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal Ilmiah), Kutipan, Catatan Kaki,  Daftar Pustaka, Etika Karya Ilmiah, Resensi dan Ringkasan.
Materi Pokok Perkuliahan
:
1.      Pengantar; Orientasi Umum Perkuliahan dan Kontrak Studi
2.      Mengidentifikasi Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia dan Kedudukan Bahasa Indonesia (C4)
3.      Menuliskan Ragam Bahasa dan Karakteristiknya (C3)
4.      Menggunakan Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia (C3)
5.      Menulis kalimat efektif (C6)
6.      Menggunakan diksi atau pilihan kata (C3)
7.      Mengetahui Persentasi Ilmiah dan Pidato (C1)
8.      UTS
9.      Menganalisis penalaran (C4)
10.  Menyusun kerangka karangan dan Menyususn karya ilmiah (C6)
11.  Menggunakan Kutipan, Catatan Kaki,  Daftar Pustaka (C3)
12.  Mengetahui Etika Karya Ilmiah (C2)
13.  Membuat Resensi dan Ringkasan (C6)
14.  Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
15.  UAS


Metode Pembelajaran
:
Student Centerd and Andragogi Aproach
Penilaian
:
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1. Terstruktur (TST)
2. Mandiri (MDR)
3. Ujian Tengah Semester (UTS)
4. Ujian Akhir Semester (UAS)

Referensi
:
1.       Arifin, E. Zainal. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Persindo. 2009
2.       Gani, A. Ramlan. Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press. 2011
3.       Sahara, Siti. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK UIN Jakarta 2009
4.       Alwi, Hasan. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2000
5.       Akadiah MK, Sabarti, dkk. (1995). Menulis  I. BMP PINA4436/3SKS/Modul 1-9. Jakarta: Universitas Terbuka
6.       Suparno dan Muhammad Yunus (2003). Keterampilan Dasar Menulis. BMP PGSD4303/3SKS/Modul 1-6. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
7.       Buku lain yang relevan





























Peraturan Perkuliahan
1.    Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap muka dan mengikuti perkuliahan secara aktif (partisipatif).
2.    Dosen dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
3.    Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
4.    Selama perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
5.    Mengajukan izin (angkat tangan) jika ingin bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
6.    Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
7.    Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

Penilaian
1.      Kehadiran                                                 
2.      Penilaian tugas dan presentasi kelompok   
3.      Penilaian tugas individu                             
4.      Penilaian UTS                                          
5.      Penilaian UAS                                           

Evaluasi Yang Direncanakan
1.      Tugas Individu:
a.       Membaca, menganalisis, mensintesis, serta membuat resum topik-topik bahasan bahasa Indonesia pada setiap pertemuan.
b.      Membuat berbagai macam paragraf (narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi dan eksposisi) dengan bentuk deduksi dan induksi, dijadikan satu bundel dan diserahkan dua hari setelah UTS.
c.       Menulis sebuah karya ilmiah berupa artikel dengan menggunakan kerangka karangan yang benar, pilihan kata yang baik/formal serta memperhatikan ejaan yang disempurnakan, dijadikan satu bundel dan diserahkan empat hari setalah UAS.

2.      Tugas Kelompok
a.       Membuat makalah. Isinya mencakup daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, uraian inti, kesimpulan, saran, dan daftar pustaka.
b.      Membuat bahan presentasi (power point)
c.       Jika ada film/video pendukung dipersilahkan (optional).
d.      Gunakan buku-buku di bawah sebagai rujukan. Jika ada buku lain yang setara boleh digunakan sebagai rujukan tambahan.




Mengetahui,                                                                     
Ketua Jurusan/Prodi                                                                      
                                               



------------------------------             
                                                                                              
Bandung, Juli 2014

Dosen Pengampu Mata Kuliah




Ahmad Syaeful R., M.Pd.




 SATUAN ACARA PERKULIAHAN


Kode Mata Kuliah
:

Mata Kuliah
:
Bahasa Indonesia
Bobot SKS
:
2 SKS
Jurusan/Prodi
:
Manajemen/S1
Semester
:
1 (satu)
Dosen
:
Ahmad Syaeful Rahman, M.Pd
Mata Kuliah Prasyarat
:
-
Standar Kompetensi
:
Sejarah perkembangan bahasa Indoensia, Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam Bahasa dan Karakteristiknya, Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan Kerangka Karangan, Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal Ilmiah), Kutipan, Catatan Kaki,  Daftar Pustaka, Etika Karya Ilmiah, Resensi dan Ringkasan.
Deskripsi Mata Kuliah
:
Mata kuliah bahasa Indonesia ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang sejarah perkembangan bahasa Indoensia, Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam Bahasa dan Karakteristiknya, Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan Kerangka Karangan, Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal Ilmiah), Kutipan, Catatan Kaki,  Daftar Pustaka, Etika Karya Ilmiah, Resensi dan Ringkasan.

Perte-muan
Kompetensi Dasar
Materi
Uraian Materi
Indikator
Strategi, Metode, dan Media
Pola Penugasan
Penilaian
Referensi
1
Kontrak Perkuliahan
Pengantar; Orientasi Umum Perkuliahan dan Kontrak Studi

Membuka perkuliahan dengan salam, menjelaskan isi perkuliahan dan kontrak belajar
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu mengetahui:
-   Tujuan mata kuliah
-   Cakupan pembahasan 
-   Kontrak belajar

Ceramah dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses



2
Mengetahui Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia dan Kedudukan Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia dan Kedudukan Bahasa Indonesia
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
-      Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia
-      Kedudukan Bahasa Indonesia
-      Fungsi Bahasa Indonesia
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab. Media LCD

Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Referensi: 1, 2
3
Dapat Menuliskan Ragam Bahasa dan Karakteristiknya

Menuliskan Ragam Bahasa dan Karakteristiknya

Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
-    Ragam bahasa lisan dan tulis
-    Ragam baku dan tidak baku
-    Ragam baku tulis dan ragam baku lisan
-    Ragam sosial dan ragam fungsional
-    Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi: 1, 2
4
Mengetahuipenggunaan Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia
Menggunakan Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia

Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
-    Pamakaian huruf
-    Penulisan huruf
-    Penulisan kata
-    Penulisan singkatan dan akronim
-    Penulisan angka bilangan
-    Penulisan tanda baca
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi: 1, 2
5
Dapat menulis kalimat efektif dengan baik dan benar
Menulis kalimat efektif

Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
-      Pengertian kalimat
-      Pola kalimat dasar
-      jenis kalimat menurut struktur gramatikalnya
-      jenis kalimat menurut bentuk gayaya
-      jenis kalimat menurut fungsinya
-      kalimat efektif
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi: 1, 2
6
Mengetahuipenggunaan diksi atau pilihan kata

Menggunakan diksi atau pilihan kata

Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
-      Pengertian diksi
-      Makna denotatif dan konotatif
-      Makna umum dan khusus
-      Kata konkret dan kata abstrak
-      Pembentukan kata
-      Kesalahan pembentukan dan pemilihan kata
-      Ungkapan idiomatik
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Referensi No. 1, 2
7
Dapat berbicara dalam forum Persentasi Ilmiah dan Pidato dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar

Mengetahui Persentasi Ilmiah dan Pidato

Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
-      Pengertian persentasi ilmiah
-      Etika persentasi ilmiah
-      Penyiapan bahan persentasi
-      Pengertian berpidato
-      Metode pidato
-      Etika berpidato
-      Penulisan naskah pidato
-      Penyempurnaan naskah pidato
-      Penyampaian pidato
-      Tempo, dinamika dan warna suara

Presentasi, pemodelan Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Referensi No. 1, 3
8
Ujian Tengah Semester (UTS)

9
Dapat menganalisis penalaran
Menganalisis penalaran

Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
-    Pengertian penalaran
-    Penalaran deduktif
-    Penalaran induktif
-    Salah nalar
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Referensi No. 1, 2
10
Mengetahui sistematika penyusunan kerangka karangan dan penyusunan karya ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal Ilmiah)
Menyusun kerangka karangan

Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
-   Kerangka karangan
-   Tujuan penulisan
-   Tema, topik, dan judul karangan
-   Pengembangan kerangka
-   Revisi
-   Sistematika penulisan artikel dan jurnal ilmiah
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi No. 2,4,5
11
Mengetahui penggunaan Kutipan, Catatan Kaki,  Daftar Pustaka

Menggunakan Kutipan, Catatan Kaki,  Daftar Pustaka

Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
-   kutipan
-   catatan-catatan
-   contoh kutipan dengan catatan
-   daftar pustaka
-   cara pesnyusunan daftar pustaka
-   bentuk entri daftar pustaka

Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Referensi No. 1, 2,4,5
12
Mengetahui etika penulisan karya ilmiah
Mengetahui Etika Karya Ilmiah

Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
etika penulisan karya ilmiah
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi No.  2,4,5
13
Dapat membuat resensi dan ringkasan
Membuat Resensi dan Ringkasan
Membuka perkuliahan dengan salam, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian
Diharapkan mampu mengetahui:
-      pengertian resensi
-      batasan resensi
-      tujuan pembuatan resensi
-      cara menulis resensi
-      materi yang diresensi
-      bahasa dalam resensi
-      sistematika resensi
-      penertian ringkasan
-      tujuan membuat ringkasan
-      cara membuat ringkasan
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Referensi No. 1, 2,5
14
Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
Kesimpulan; Refleksi Perkuliahan
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan menutup perkulaian

Ceramah dan Tanya Jawab
Terstruktur (TST) dan Mandiri (MDR)

Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap /keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
15
Ujian Akhir Semester (UAS)

Referensi:
  1. Arifin, E. Zainal. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Persindo. 2009
  2. Gani, A. Ramlan. Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press. 2011
  3. Sahara, Siti. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK UIN Jakarta 2009
  4. Alwi, Hasan. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2000
  5. Akadiah MK, Sabarti, dkk. (1995). Menulis  I. BMP PINA4436/3SKS/Modul 1-9. Jakarta: Universitas Terbuka
  6. Suparno dan Muhammad Yunus (2003). Keterampilan Dasar Menulis. BMP PGSD4303/3SKS/Modul 1-6. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  7. Buku lain yang relevan.

Mengetahui,                                                                     
Ketua Jurusan/Prodi                                                                      
                                               



------------------------------
                                                                                             
Bandung,  Juli 2014
                                                                                                Dosen Pengampu Mata Kuliah




Ahmad Syaeful R., M.Pd.