SILABUS PERKULIAHAN
Kode
Mata Kuliah
|
:
|
|
Mata
Kuliah
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Bobot
SKS
|
:
|
2 SKS
|
Jurusan/Prodi
|
:
|
-/-
|
Semester
|
:
|
1 (Satu)
|
Dosen
|
:
|
Ahmad Syaeful R., M.Pd.
|
Mata
Kuliah Prasyarat
|
:
|
-
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Sejarah perkembangan
bahasa Indoensia, Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam
Bahasa dan Karakteristiknya, Ejaan dan Tanda Baca
Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata),
Persentasi Ilmiah dan
Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan
Kerangka Karangan, Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal
Ilmiah), Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka, Etika Karya Ilmiah,
Resensi dan Ringkasan.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Mengetahui Kontrak Perkuliahan, Sejarah perkembangan dan kedudukan bahasa
Indoensia; Ejaan dan Tanda Baca Bahasa
Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata),
Persentasi Ilmiah dan
Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan
Kerangka Karangan dalam menulis karya ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal
Ilmiah).
|
Indikator
|
:
|
1.
Memiliki kemampuan memahami kedudukan dan ragam
bahasa Indonesia.
2.
Memiliki keterampilan dalam menulis dan berbicara menggunakan bahasa
Indonesia secara baik dan benar.
3.
Memiliki pemahaman tentang cara menulis karya
ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
|
Deskripsi
Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah bahasa
Indonesia ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang sejarah perkembangan
bahasa Indoensia, Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam
Bahasa dan Karakteristiknya, Ejaan dan Tanda Baca
Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata),
Persentasi Ilmiah dan
Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan
Kerangka Karangan, Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal
Ilmiah), Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka, Etika Karya Ilmiah,
Resensi dan Ringkasan.
|
Materi
Pokok Perkuliahan
|
:
|
1.
Pengantar; Orientasi Umum Perkuliahan dan Kontrak Studi
2.
Mengidentifikasi Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia dan Kedudukan
Bahasa Indonesia (C4)
3.
Menuliskan Ragam Bahasa dan Karakteristiknya (C3)
4.
Menggunakan Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia (C3)
5.
Menulis kalimat efektif (C6)
6.
Menggunakan diksi atau pilihan kata (C3)
7.
Mengetahui Persentasi Ilmiah dan Pidato (C1)
8.
UTS
9.
Menganalisis penalaran (C4)
10. Menyusun kerangka karangan dan Menyususn
karya ilmiah (C6)
11. Menggunakan Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka (C3)
12. Mengetahui Etika Karya Ilmiah (C2)
13. Membuat Resensi dan Ringkasan (C6)
14. Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
15. UAS
|
Metode
Pembelajaran
|
:
|
Student Centerd and
Andragogi Aproach
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:
1. Terstruktur (TST)
2. Mandiri (MDR)
3. Ujian Tengah Semester (UTS)
4. Ujian Akhir Semester (UAS)
|
Referensi
|
:
|
1.
Arifin, E. Zainal. Cermat Berbahasa
Indonesia. Jakarta: Akademika Persindo. 2009
2.
Gani, A. Ramlan. Disiplin Berbahasa
Indonesia. Jakarta: FITK Press. 2011
3.
Sahara, Siti. Keterampilan Berbahasa
Indonesia. Jakarta: FITK UIN Jakarta 2009
4.
Alwi, Hasan. Tata Bahasa Baku Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2000
5.
Akadiah MK, Sabarti, dkk. (1995). Menulis I. BMP PINA4436/3SKS/Modul 1-9.
Jakarta: Universitas Terbuka
6.
Suparno dan Muhammad Yunus (2003). Keterampilan
Dasar Menulis. BMP PGSD4303/3SKS/Modul 1-6. Jakarta: Pusat Penerbitan
Universitas Terbuka.
7.
Buku lain yang
relevan
|
Peraturan Perkuliahan
1.
Mahasiswa
hadir dalam perkuliahan tatap muka dan mengikuti perkuliahan secara aktif
(partisipatif).
2.
Dosen
dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
3.
Ada
pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
4.
Selama
perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
5.
Mengajukan
izin (angkat tangan) jika ingin bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau
keperluan lain.
6.
Saling
menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
7.
Tidak
boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
Penilaian
1.
Kehadiran
2.
Penilaian
tugas dan presentasi kelompok
3.
Penilaian
tugas individu
4.
Penilaian UTS
5.
Penilaian
UAS
Evaluasi Yang Direncanakan
1.
Tugas
Individu:
a.
Membaca,
menganalisis, mensintesis, serta membuat resum
topik-topik bahasan bahasa
Indonesia pada setiap pertemuan.
b.
Membuat berbagai macam paragraf (narasi, deskripsi,
argumentasi, persuasi dan eksposisi) dengan bentuk deduksi dan induksi,
dijadikan satu bundel dan diserahkan dua hari setelah UTS.
c.
Menulis
sebuah karya ilmiah berupa artikel dengan menggunakan kerangka karangan yang
benar, pilihan kata yang baik/formal serta memperhatikan ejaan yang
disempurnakan, dijadikan satu bundel dan diserahkan empat hari setalah UAS.
2.
Tugas
Kelompok
a.
Membuat
makalah. Isinya mencakup daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, uraian inti,
kesimpulan, saran, dan daftar pustaka.
b.
Membuat
bahan presentasi (power point)
c.
Jika
ada film/video pendukung dipersilahkan (optional).
d.
Gunakan
buku-buku di bawah sebagai rujukan. Jika ada buku lain yang setara boleh
digunakan sebagai rujukan tambahan.
Mengetahui,
Ketua Jurusan/Prodi
------------------------------
|
Bandung, Juli 2014
Dosen Pengampu
Mata Kuliah
Ahmad Syaeful
R., M.Pd.
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode Mata Kuliah
|
:
|
|
Mata Kuliah
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Bobot SKS
|
:
|
2 SKS
|
Jurusan/Prodi
|
:
|
Manajemen/S1
|
Semester
|
:
|
1 (satu)
|
Dosen
|
:
|
Ahmad Syaeful Rahman, M.Pd
|
Mata Kuliah Prasyarat
|
:
|
-
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Sejarah
perkembangan bahasa Indoensia, Kedudukan Bahasa
Indonesia, Ragam Bahasa
dan Karakteristiknya, Ejaan dan Tanda Baca
Bahasa Indonesia, Kalimat
Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan
Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan
Kerangka Karangan, Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal
Ilmiah), Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka, Etika
Karya Ilmiah, Resensi dan Ringkasan.
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
:
|
Mata
kuliah bahasa Indonesia ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang sejarah
perkembangan bahasa Indoensia, Kedudukan Bahasa
Indonesia, Ragam Bahasa
dan Karakteristiknya, Ejaan dan Tanda Baca
Bahasa Indonesia, Kalimat
Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan
Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan
Kerangka Karangan, Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal
Ilmiah), Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka, Etika
Karya Ilmiah, Resensi dan Ringkasan.
|
Perte-muan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Indikator
|
Strategi,
Metode, dan Media
|
Pola
Penugasan
|
Penilaian
|
Referensi
|
1
|
Kontrak Perkuliahan
|
Pengantar; Orientasi Umum Perkuliahan dan Kontrak Studi
|
Membuka perkuliahan dengan salam, menjelaskan
isi perkuliahan dan kontrak belajar
|
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
diharapkan mampu mengetahui:
-
Tujuan mata
kuliah
-
Cakupan
pembahasan
-
Kontrak
belajar
|
Ceramah dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam
mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap
/keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
|
2
|
Mengetahui Sejarah
Perkembangan Bahasa Indonesia dan Kedudukan Bahasa Indonesia
|
Mengidentifikasi
Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia dan Kedudukan Bahasa Indonesia
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz,
menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi,
post tes dan menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
-
Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia
-
Kedudukan Bahasa Indonesia
-
Fungsi Bahasa Indonesia
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab. Media LCD
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam
mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap
/keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Referensi: 1, 2
|
3
|
Dapat Menuliskan Ragam
Bahasa dan Karakteristiknya
|
Menuliskan Ragam Bahasa dan
Karakteristiknya
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz,
menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi,
post tes dan menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
- Ragam
bahasa lisan dan tulis
- Ragam
baku dan tidak baku
- Ragam
baku tulis dan ragam baku lisan
- Ragam
sosial dan ragam fungsional
- Bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Referensi: 1, 2
|
|
4
|
Mengetahuipenggunaan
Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia
|
Menggunakan Ejaan dan Tanda
Baca Bahasa Indonesia
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz,
menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi,
post tes dan menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
- Pamakaian
huruf
- Penulisan
huruf
- Penulisan
kata
- Penulisan
singkatan dan akronim
- Penulisan
angka bilangan
- Penulisan
tanda baca
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Referensi: 1, 2
|
|
5
|
Dapat
menulis kalimat efektif dengan baik dan benar
|
Menulis kalimat efektif
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz,
menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi,
post tes dan menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
-
Pengertian
kalimat
-
Pola kalimat
dasar
-
jenis
kalimat menurut struktur gramatikalnya
-
jenis
kalimat menurut bentuk gayaya
-
jenis
kalimat menurut fungsinya
-
kalimat
efektif
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Referensi: 1, 2
|
|
6
|
Mengetahuipenggunaan diksi
atau pilihan kata
|
Menggunakan diksi atau
pilihan kata
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz,
menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi,
post tes dan menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
- Pengertian diksi
- Makna denotatif dan konotatif
- Makna umum dan khusus
- Kata konkret dan kata abstrak
- Pembentukan kata
- Kesalahan pembentukan dan pemilihan kata
- Ungkapan idiomatik
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam
mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap
/keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Referensi No. 1, 2
|
7
|
Dapat berbicara dalam forum Persentasi Ilmiah dan Pidato dengan menggunakan
bahasa yang baik dan benar
|
Mengetahui Persentasi Ilmiah dan Pidato
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz, menjelaskan
materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan
menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
- Pengertian persentasi ilmiah
- Etika persentasi ilmiah
- Penyiapan bahan persentasi
- Pengertian berpidato
- Metode pidato
- Etika berpidato
- Penulisan naskah pidato
- Penyempurnaan naskah pidato
- Penyampaian pidato
- Tempo, dinamika dan warna suara
|
Presentasi, pemodelan Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam
mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap
/keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Referensi No. 1, 3
|
8
|
Ujian Tengah Semester
(UTS)
|
|||||||
9
|
Dapat
menganalisis penalaran
|
Menganalisis penalaran
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz,
menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi,
post tes dan menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
-
Pengertian penalaran
-
Penalaran deduktif
-
Penalaran induktif
-
Salah nalar
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan Mandiri
(MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam
mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap
/keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Referensi No. 1, 2
|
10
|
Mengetahui sistematika
penyusunan kerangka karangan dan penyusunan karya ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal Ilmiah)
|
Menyusun kerangka karangan
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz,
menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi,
post tes dan menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
-
Kerangka karangan
-
Tujuan penulisan
-
Tema, topik, dan judul karangan
-
Pengembangan kerangka
-
Revisi
-
Sistematika penulisan artikel dan jurnal ilmiah
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Referensi No. 2,4,5
|
|
11
|
Mengetahui penggunaan Kutipan, Catatan
Kaki, Daftar Pustaka
|
Menggunakan Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz,
menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi,
post tes dan menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
-
kutipan
-
catatan-catatan
-
contoh
kutipan dengan catatan
-
daftar
pustaka
-
cara
pesnyusunan daftar pustaka
-
bentuk entri
daftar pustaka
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam
mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap
/keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Referensi No. 1, 2,4,5
|
12
|
Mengetahui etika penulisan karya ilmiah
|
Mengetahui Etika
Karya Ilmiah
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz,
menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi,
post tes dan menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
etika penulisan karya ilmiah
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Referensi No.
2,4,5
|
|
13
|
Dapat
membuat resensi dan ringkasan
|
Membuat
Resensi dan Ringkasan
|
Membuka perkuliahan dengan salam, menjelaskan
materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi, post tes dan
menutup perkulaian
|
Diharapkan mampu mengetahui:
-
pengertian
resensi
-
batasan
resensi
-
tujuan
pembuatan resensi
-
cara menulis
resensi
-
materi yang
diresensi
-
bahasa dalam
resensi
-
sistematika
resensi
-
penertian
ringkasan
-
tujuan
membuat ringkasan
-
cara membuat
ringkasan
|
Presentasi, Diskusi dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Referensi No. 1, 2,5
|
|
14
|
Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
|
Kesimpulan; Refleksi
Perkuliahan
|
Membuka perkuliahan dengan salam, quiz,
menjelaskan materi perkuliahan, melakukan Tanya jawab, pendalaman materi,
post tes dan menutup perkulaian
|
Ceramah dan Tanya Jawab
|
Terstruktur (TST) dan
Mandiri (MDR)
|
Penilaian proses (kehadiran, keseriusan dalam
mengikuti perkuliahan, interaksi pada saat proses pembelajaran / sikap
/keatifan mahasiswa dalam mengikuti proses
|
Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan
|
|
15
|
Ujian Akhir Semester
(UAS)
|
Referensi:
- Arifin, E. Zainal. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Persindo. 2009
- Gani, A. Ramlan. Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press. 2011
- Sahara, Siti. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK UIN Jakarta 2009
- Alwi, Hasan. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2000
- Akadiah MK, Sabarti, dkk. (1995). Menulis I. BMP PINA4436/3SKS/Modul 1-9. Jakarta: Universitas Terbuka
- Suparno dan Muhammad Yunus (2003). Keterampilan Dasar Menulis. BMP PGSD4303/3SKS/Modul 1-6. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
- Buku lain yang relevan.
Mengetahui,
Ketua Jurusan/Prodi
------------------------------
|
Bandung, Juli 2014
Dosen Pengampu Mata Kuliah
Ahmad
Syaeful R., M.Pd.
|